Sumber: http://www.fachrin.tk/2010/09/membuat-welcome-messagepage-membuat.html#ixzz1Gq7dYv00 hijrah fajri: Sejarah Futsal

Senin, 14 Maret 2011

Sejarah Futsal

Futsal

Futsal merupakan versi bola sepak tertutup yang secara rasmi diselia oleh badan pentadbiran antarabangsa bola sepak, Fédération Internationale de Football Association (FIFA). Namanya berasal daripada bahasa Portugis futebol de salão, dan bahasa Sepanyol fútbol de salón. Kedua-duanya bermaksud 'bola sepak dalam dewan'.
Futsal dimainkan oleh lima pemain dalam satu pasukan. Salah seorang daripadanya merupakan penjaga gol. Antara perbezaan bola sepak dengan futsal ialah padang bola sepak menggunakan gelanggang yang besar berbanding futsal yang agak kecil. Masa permainan futsal juga singkat iaitu 20 minit bagi setiap separuh masa. Bola yang digunakan juga lebih berat membuatkan pemain mengawal bola dengan baik. Tambahan pula, kawasannya yang lebih lebih kecil memaksa pemain meningkatkan tahap kemahiran serta membuat keputusan dengan lebih cepat. Kesalahan-kesalahan seperti rempuhan bahu dan melakukan gelungsur terhadap pihak lawan dilarang sama sekali. Di samping itu, mana-mana pasukan yang mengumpulkan kesalahan keenam bagi setiap separuh masa akan dihukum dengan sepakan penalti kedua. Seterusnya kesalahan berikut juga akan dihukum dengan sepakan penalti kedua. Kesalahan-kesalahan ini dinamakan kesalahan terkumpul.
Pada masa sekarang futsal berkembang dengan pesat. Banyak gelanggang-gelanggang baru dibina bagi tujuan memberi peluang kepada orang ramai merasai keseronokan bermain futsal. Ia bukan sahaja terhad kepada golongan lelaki tetapi juga perempuan.





Asal usul Futsal ® (Lima-a Side-Soccer) dapat ditelusuri kembali ke Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930 ketika Juan Carlos Ceriani merancang versi lima sisi-dari sepak bola untuk kompetisi anak muda di YMCA. Permainan ini dimainkan di lapangan basket berukuran, baik di dalam ruangan dan keluar tanpa menggunakan dinding samping.















Para FUTSAL Istilah ® adalah istilah internasional yang digunakan untuk permainan. Hal ini berasal dari kata Spanyol atau Portugis untuk "sepak bola" - Futbol atau Futebol, dan kata Perancis atau Spanyol untuk "indoor" - salon atau Sala. Istilah ini diadopsi oleh AS Futsal karena termasuk inisial "futsal" (USA). Istilah ini merek dagang di Amerika Serikat setelah AS Futsal mengubah nama perusahaan di negara bagian California.











Permainan ini sering disebut sebagai Lima Side-A-atau Mini-sepak bola. Setelah Ceriani mendapat bola menggelinding, Futsal mendapatkan popularitas yang cepat di seluruh Amerika Selatan, terutama di Brasil. Keterampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal di dunia Brazil tampilan luar ruangan pada lapangan berukuran penuh. Pele, Zico, Socrates, Bebeto dan superstar Brasil lainnya mengembangkan keterampilan mereka bermain Futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat Futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan, di bawah naungan FIFA, di seluruh dunia, dari Eropa Utara dan Amerika Tengah dan Karibia, Amerika Selatan, Afrika, dan Asia dan Oseania.











Kompetisi internasional pertama berlangsung tahun 1965, ketika Paraguay memenangkan Piala Amerika Selatan pertama. Enam lebih Amerika Selatan Piala diadakan melalui 1979, dengan Brazil memenangkan semuanya. Brasil melanjutkan dominasinya dengan kemenangan di Piala Pan American pertama pada tahun 1980 dan memenangkan lagi waktu berikutnya dimainkan pada tahun 1984. Sebuah tim AS mengambil bagian dalam cangkir tahun 1984, tetapi selesai keluar dari menjalankan.











Federasi Futsal AS didirikan pada 1981 dan didirikan pada bulan Januari, 1983. Osvaldo Garcia adalah presiden pertama itu. Permainan ini disebut sebagai Minisoccer, sepak bola lima sisi-, Futbol Sala atau Futebol de Salao, tetapi juga widly wasit oleh itu nama merek dagang, Futsal. Presiden Federasi saat ini Alex JC Para.










Yang Futsal pertama Kejuaraan Dunia dilakukan di bawah naungan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya diintegrasikan ke FIFA pada tahun 1989) diadakan di Sao Paulo, Brazil, pada tahun 1982, dengan Brazil finishing di tempat pertama. Brazil mengulangi sebagai juara di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, namun kalah di Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia untuk Paraguay. FIFA mengambil alih sponsor langsung dari peristiwa pada tahun 1989 di Belanda dan 1992 di Hong Kong. Brazil memenangi kedua kali. The Futsal Amerika Serikat (Indoor Tim), urutan ketiga pada tahun 1989 dan kedua pada tahun 1992 di FIFA Five-a-Side World Championship. Tertinggi menunjukkan oleh tim dari Amerika Serikat dalam sebuah turnamen FIFA sampai tim Womens AS meraih medali emas di Cina untuk sepak bola outdoor. Ketiga Kejuaraan Dunia FIFA diadakan November 24 sampai dengan tanggal 11 Oktober 1996, di Spanyol dan untuk pertama kalinya nama itu FIFA Futsal FIFA Kejuaraan Dunia. FIFA Futsal Keempat Kejuaraan Dunia digelar di Guatemala antara 18 November - 4 Desember 2000. The Futsal kelima Kejuaraan Dunia digelar di Taipei pada bulan Desember 2004.
Futsal3
 Pertandingan internasional pertama Futsal dimainkan oleh US Futsal Tim Nasional pada bulan Mei 1984 di Nanaimo, Kanada, dan Amerika Serikat menang 6-5. Pertandingan Futsal internasional pertama di Amerika Serikat diadakan pada bulan Desember, 1985, di Sonoma State University di Rohnert Park, California. Tim AS memilih, dikalahkan Australia, 9-5.

US Futsal telah melaksanakan Kejuaraan Nasional setiap tahun sejak tahun 1985. Futsal adalah membangun dirinya sendiri di tingkat pemuda di AS Klub Boys dan Girls of America mengambil minat yang kuat setelah Columbia Park Club di San Francisco meminta Federasi untuk memberikan demonstrasi. Organisasi nasional yang diadopsi olahraga, dan sekarang bermain di sekitar 1.100 Boys and Girls Club di seluruh Amerika Serikat Amerika Pemuda Soccer Organization (AYSO) juga memainkan olahraga dalam suatu hubungan kerja yang erat dengan AS Futsal sejak tahun 1988.

AS Youth Soccer Association (USYSA) dan US Futsal menandatangani perjanjian pada bulan Agustus 1995 dan pada tahun 1999, untuk mempromosikan futsal di semua Negara mereka Nasional Asosiasi sebagai permainan pilihan mereka untuk sepak bola dalam ruangan di bawah naungan Amerika Serikat

1 komentar:

Posting Komentar